Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kebiasaan Buruk yang Sering Dilakukan Saat Menggunakan Laptop

Dapat dikatakan laptop sudah menjadi kebutuhan primer setiap orang karena sekarang ini hampir semua pekerjaan dapat dihandle oleh laptop, mulai dari mengetik, membuat laporan, membuat kontent hingga bermain game. Akan tetapi masih banyak hal sepele yang sering dilakukan yang sebenarnya dapat mengakibatkan turunnya performa laptop bahkan bisa merusak laptop itu sendiri. Lalu apa saja kebiasaan buruk yang dapat merusak laptop?

Kebiasaan buruk saat menggunakan laptop


Menutup Laptop saat masih menyala

Kebiasaan menutup laptop saat kondisi masih menyala dapat membuat laptop cepat rusak dan juga mengalami penurunan performa. Kalau perlu anda bisa menunggu beberapa saat hingga hawa panas pada laptop tersalurkan.

Cara pengisian daya yang salah

Jangan menunggu baterai hingga habis sama sekali atau mengisi daya disaat baterai masih di atas 30%. Biasakan untuk mengecas baterai saat muncul notifikasi pengecasan atau sekitar 10%. Karena kebiasaan buruk ini dapat menurunkan kemampuan penyimpanan daya.

Salah urutan dalam pengecasan laptop

Urutan yang benar dalam pengecasan laptop adalah dengan mencolokan adaptor ke kabel listrik terlebih dahulu baru menghubungkan ke laptop.  Pada saat kabel adaptor dicolok ke lubang listrik daya yang masuk tidak stabil sehingga jika kesalahan ini terus dilakukan maka akan membuat baterai laptop akan cepat rusak.

Mencabut komponen external secara paksa

Terkadang kita sering mencabut atau memasang komponen external secara paksa karena keras atau karena sudah menjadi kebiasaan. Kebiasaan buruk ini dapat membuat port perangkat external menjadi longgar dan sulit untuk membaca perangkat yang dicolok.

Menggunakan Laptop di atas pengkuan/kasur

Bagi sebagian orang posisi ini memang nyaman akan tetapi tanpa sadar posisi ini akan membuat lubang ventilasi udara panas menjadi terhambat dan ditambah lagi bahan kasur atau kain tidak dapat menyerap panas. Hasilnya laptop akan cepat panas dan membuat motherboard menjadi cepat rusak

Memakai laptop sambil makan dan minum

Potensi ketumpahan minuman dan kemasukan sisa-sisa makanan cukup besar sehingga dapat merusak laptop.

Jarang membersihkan laptop

Debu-debu yang menempel pada laptop dapat mengurangi performa laptop dan lama-kelamaan dapat merusak laptop. Debu paling sering kita jumpai dapa layar maupun keyboard. Debu yang tidak dibersihkan akan masuk ke dalam laptop sehingga lama-kelamaan akan menutup saluran pembuangan udara.

Posting Komentar untuk "Kebiasaan Buruk yang Sering Dilakukan Saat Menggunakan Laptop"